Cari Blog Ini

LAPORAN UTAMA, PENDIDIKAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN, DAERAH

Kamis, 16 Juni 2011

1.500 Guru TK Ikut Kompetisi "Toyota Bercerita"

Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor Joko Trisanyoto (2 kiri), Pemerhati Anak Shahnaz Haque (2 kanan) dan Motivator James Gwee (kanan), mendengarkan penjelasan Guru TK Negeri Pembina Tangerang Holipah, ketika menghadiri Coaching Clinic Toyota Bercerita ((ANTARA/Audy Alwi))
Jakarta (Majalah Komunitas) - Agen tunggal pemegang merek PT Toyota Astra Motor  berupaya meningkatkan kemampuan guru taman kanak-kanak  dan pendidikan anak usia dini  untuk mendongeng, melalui ajang "Toyota Bercerita."

"Toyota bercerita merupakan wujud kepedulian kami terhadap budaya bertutur bangsa Indonesia yang merupakah salah satu bentuk kearifan lokal," kata Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto, di Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, ajang tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan di bidang pendidikan. TAM, lanjut dia, selama ini fokus melaksanakan CSR di bidang lingkungan pendidikan.

Toyota Bercerita merupakan ajang lomba mendongeng tingkat guru TK dan PAUD di Jakarta dan Jabodetabek.  "Melalui kegiatan ini (Toyota Bercerita) kami ingin meningkatkan kemampuan guru TK dan PAUD dalam mendongeng yang menanamkan nilai-nilai positif bagi generasi penerus bangsa," katanya.

Joko mengaku terkejut kegiatan yang dilaksanakan sejak 2008 itu ternyata mendapat sambutan positif, sehingga jumlah peserta lomba naik dari 400 guru pada 2008 menjadi 1.500-an guru tahun ini.  "Kegiatan ini akan menjadi program yang berkesinambungan," ujarnya.

 Ditambahkan GM Pemasaran Widyawati Soedigdo, tahun ini TAM telah memperluas area lomba ke kota2 besar di Jawa Barat dari sebelumnya sekitar wilayah Jabodetabek.

"Saat ini sudah ada 20 finalis dari berbagai kota untuk mengikuti 'coaching clinic' dari para pakar seperti Kak Awam dari Kampung Dongeng, motivator dari Singapura James Gwee, dan pemerhati anak Shahnaz Haq," ujar Widyawati.

Dari 20 finalis itu, lanjut dia, akan dipilih enam finalis, yang akan mengikuti kegiatan lomba bercerita langsung di depan anak-anak jalanan yang berusia pra-sekolah.

Pada klinik pelatihan itu, para guru TK dan PAUD yang menjadi finalis mendapat pelatihan dan pengetahuan lebih jauh tentang mendongeng yang kreatif agar mendapat perhatian anak didik, sehingga nilai-nilai positif dari dongeng tersebut membekas dan membentuk karakter anak usia dini.

Pengumuman pemenang, kata Widyawati, akan diumumkan akhir Juli, pada saat pelaksanaan Indonesia Internasional Motor Show 2011, di anjungan Toyota.
 

Sumber : Antara

2 komentar:

  1. Aq baru tau ada majalah komunitas di Bekasi. Pgn tau dong event2 rutin yg sering diselenggarakan oleh komunitas guru2 TK atau SD. Gmn caranya ya ?

    BalasHapus
  2. Bagi anda yang mengajar sdi TK saya tawarkan buku membaca berjudul ANAK SHOLEH SENANG MEMBACA, 1 PAKET berisi 4 BUKU harga Rp. 20.000, trimakasih... HP ; 085 725 365 100

    BalasHapus