Cari Blog Ini

Memuat...

LAPORAN UTAMA, PENDIDIKAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN, DAERAH

Jumat, 19 Agustus 2011

SDN Jaticempaka VIII Adakan Pesantren Ramadhan

Pesantren Ramadhan SDN Jaticempaka VIII Pondokgede


Pondokgede, Bekasi (MAJALAH KOMUNITAS) – SDN Jaticempaka VIII Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi, Jawa Barat melaksanakan pesantren Ramadhan selama 3 hari dari Rabu-Jum’at, 17-19 Agustus 2011.

Pelaksanaan pesantren Ramadhan ini dibagi atas dua sesi setiap hari, yakni sesi pertama untuk kelas I-III dan sesi kedua untuk kelas IV-VI. Materi pesantren Ramadhan keseluruhan diisi oleh guru-guru dari SDN Jaticempaka VIII. 

Materi hari pertama untuk siswa kelas I sampai kelas III antara lain; hafalan rukun iman, rukun islam dan kisah tauladan I Rosululloh oleh Ibu Marhumah, S.Ag, Fauziah, S.Pd.I dan Marwah Zaitun, M.Pd. sedangkan materi untuk kelas IV dan kelas VI dihari pertama adalah; hakikat syahadatain, hablum minallah, adab beribadah, syiroh nabawi I yang dilanjutkan dengan sholat zuhur berjamaah. Pemateri dalam sesi ini oleh ibu/bapak guru Sustri Riyanto, S.Pd, Ade Firma, Radi Supriadi, S.Pd, dan Sarbini, S.Pd, MM.
Ibu Dyah Kepsek SDN Jaticempaka VIII memberikan santunan

Pada hari kedua yang diikuti oleh Majalah Komunitas, dilantai 2 pembahasan pendalaman materi rukun iman, rukun islam dan kisah tauladan 2 untuk siswa kelas I dan kelas III. Untuk kelas IV dan VI sesi ini membahas pokok bahasan tentang aqidah mu’min, musyrik dan munafiq oleh Sustri Riyanto, S.Pd; syariah hablum minannas oleh Ade Firma; akhlaq adab bermu’amalah oleh Radi Supriadi, S.Pd; dan syiroh nabawi 2 oleh Sarbini, SP.d, MM.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan terhadap anak yatim dan piatu dari siswa sekolah tersebut oleh Kepala Sekolah SDN Jaticempaka VIII, Ibu Dyah Warihingtyas, M.MPd.

Dalam sambutannya, mengatakan bahwa Pesantren Ramadhan ini termasuk dalam peningkatan amaliah siswa dalam praktek pembinaan akhlak sebagai wujud dari pembelajaran pendidikan agama yang dilaksanakan siswa sehari-hari di sekolah.

“Sehingga pesantren ini selain mengandung ibadah juga siswa akan mendapatkan nilai tambahan pada mata pelajaran agama,” ungkapnya.

Dihari ketiga atau hari terakhir pelaksanaan pesantren ramadhan selain ada ceramah agama yang diisi oleh Ustad Sarbini, juga mengadakan tadarus qur’an, quis ramadahan, berbuka bersama dan ditutup dengan sholat maghrib berjamaah. (bang imam)

2 komentar:

  1. Untuk dimuatnya berita ini kami Keluarga Besar SDN Jaticempaka VIII mengucapkan terima kasih kepada Bang Imam dari Majalaj Komunitas, dan juga seluruh Panitia Pesantren Romadhan 1432H, termasuk juga Komite Sekolah yang telah ikut berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Jazakumullahu khoiron katsir... (bsarbini@ymail.com)

    BalasHapus