Cari Blog Ini

LAPORAN UTAMA, PENDIDIKAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN, DAERAH

Rabu, 09 Februari 2011

Warga Tiga Desa Gotong Royong Buka Akses Jalan Penghubung


Bupati Garut H. Aceng HM. Fikri,S.Ag, Jum’at (4/2), meninjau kegiatan Kerja bakti pembuatan jalan  tembus yang menghubungkan tiga desa; Desa Sukaratu, Sukalaksana, dan Desa Linggamukti Kecamatan Sucinaraja. Jalan sepanjang seribu meter  dengan lebar 5 meter dilaksanakan secara swadaya  murni masyarakat. Sekitar dua ribu orang warga dari ketiga Desa tersebut ambil bagian dalam pengerjaanya. Guna menghubungkan tiga desa ini, akan di bangun juga jembatan diatas sungai Cisangkal dengan panjang 15 hingga 19 meter.

Antusias masyarakat dalam pembukaan jalur penghubung tiga desa ini terlihat tinggi, sehingga mengundang decak kagum Bupati saat peninjauan kegiatan ini. Camat Sucinaraja, Drs. Ajat Sudrajat,M.Si, menuturkan, dengan dibukanya akses jalan ini akan sangat memudahkan warga masyarakat dari desa sulaksana dan desa linggamanik, terutama anak-anak sekolah di SMPN 1 Sucinaraja dan warga yang memerlukan pelayanan kesehatan ke Puskesmas Garawangsa yang ada di Desa Sukaratu, Sukaratu sendiri merupakan pusat pemerintahan kecamatan sucinaraja.

Selama ini mereka kalau mau pergi ke Sekolah maupun Puskesmas dan Kecamatan  harus melalui Kampung Lawang Biru di kecamatan karangpawitan, dengan jarak tidak kurang dari 7 km. “Tentu saja dengan dibuka akses ini, akan mengurangi jarak tempuh, sehingga akses perekonomian dari dan ke Desa Sukaratu akan  meningkat”, ujar Ajat dihadapan Bupati Aceng.

Luas lahan yang diperlukan untuk pembukaan jalur ini tidak kurang dari 1 hektar, yang diperoleh dari hibah masyarakat sebanyak 25 orang, pengerjaan jalan tersebut diperkirakan akan memakan biaya yang mencapai 800 juta rupiah lebih.

Bupati H. Aceng HM Fikri, menyambut baik prakarsa warga yang didukung pihak Kecamatan dan para kepala Desa yang mempunyai kemauan serta semangat membangkitkan gairah kebersamaan dalam bergotong royong, ia pun menyatakan rasa bangganya dengan inisiatif warga dan bisa dijadikan suri tauladan bagi daerah lain. karena hal tersebut sudah mulai jarang dilakukan masyarakat.

Bupati juga berharap dalam pengerjaannya, warga masyarakat selalu berkonsultasi dengan pihak dinas terkait, guna ikut membantu memberikan standar kelayakan  dari pembuatan jalan tersebut, pada kesempatan tersebut bupati juga mengatakan akan membantu memberikan stimulan. (Nina Suviana/Biro Garut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar