Cari Blog Ini

LAPORAN UTAMA, PENDIDIKAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN, DAERAH

Rabu, 11 Agustus 2010

SEMARAK SHOLAT TARAWIH DI GARUT

Garut (JABAR) - Pelaksanaan Shalat Tarawih di Kabupaten Garut di hari pertama berlangsung semarak, menyusul diumumkannya  hari pertama pelaksanaan ibadah puasa pada tanggal 11 Agustus 2010 oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Agama RI. Hampir setiap masjid sejak sore mempersiapkan tempat untuk pelaksanaannya. Di Masijd Agung Garut, Selasa malam (10/8), dipenuhi kaum muslimin dan muslimat, tidak ketinggalan kaum remaja dan anak-anak turut menyemarakkan pelaksanaan hari pertama shalat tarawih.

Bupati Garut, Aceng H.M. Fikri, yang  turut hadir sebagai jamaah di Masjid Agung Garut menyampaikan sambutannya. Ia menyambut gembira dengan datangnya bulan suci ramadhan yang penuh rahmat dan maghfirah. Menurutnya, bulan ramadhan terbagi menjadi 3 fase, fase pertama adalah rahmat, dimana rahmat Allah diturunkan sebesar-besarnya bagi mereka yang berpuasa. Sementara di 10 hari kedua memasuki bulan maghfirah, dimana Allah akan memberikan ampunan yang besar terhadap hamba-Nya. Sedangkan di 10 hari ketiga adalah Itqum minannaar alias pembebasan dari api neraka. Untuk itu ia menyerukan umat islam untuk memanfaatkan sebaik-baiknya momen ini sebagai ajang meningkatkan iman dan thalabul ilmi.

Meski demikian ia mengingatkan kepada warga yang tidak berkesempatan melaksanakan puasa agar tetap menjaga toleransi kepada muslim yang menjalankan puasa dengan tidak secara atraktif yang dapat mengganggu kekhusyuan beribadah.

Seperti tahun sebelumnya, Bupati Garut bersama Wakil Bupati dan unsur muspida akan melakukan safarai rafamadhan melalui tarawih keliling di beberapa daerah yang dipusatkan di masid-masjid besar kecamatan. Pelaksanaan tarawih keliling ini dibagi dalam dua tim, Tim I dipimpin Bupati Garut, sedangkan Tim II dipimpin Wakil Bupati Garut. Safari Ramadhan ini dimaksudkan sebagai upaya memrekatkan silaturahmi pimpinan daerah dengan masyarakat dipelosok daerah, seraya dijadikan media untuk melaukan sosialisasi program pembangunan yang sudah dan akan dilaksanakan. (Nina Suviana/Biro Garut)

Selengkapnya Jadwal Tarawih Keliling (Tarling) adalah sebagai berikut :


Tim I : 
Bupati, Ketua DPRD, Kepala Kejari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua MUI, Sekda, stadf ahli, dan beberapa pejabat eselon II dan III

Tempat : 
Masjid Besar Kecamatan Karangtengah (16/8), 
Masjid Besar Kecamatan Cisurupan (19/8), 
Masjid Agung Garut, sekaligus Peringatan Nuzulul Qur’an (26/8), 
Masjid Besar Leuwigoong (30/8), dan Masid Besar Cisewu (1/9).

Tim II :
Wakil Bupati, Kapolres Garut, dandim 0611 Garut, Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris DPRD, Sekretaris MUI, staf ahli, Asisten Pemkesra, dan para pejabat eselon II dan III

Tempat
Masjid Besar Tarogong Kaler ((16/8), 
Masjid Besar Kecamatan Malangbong (19/8), 
Masjid Agung Garut, sekaligus Peringatan Nuzulul Qur’an (26/8), 
Masjid Besar Kecamatan Cibalong (30/8), dan 
Masjid Besar Kecamatan Cihurip (1/9).

Sumber : Humas Pemkab Garut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar