Cari Blog Ini

LAPORAN UTAMA, PENDIDIKAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN, DAERAH

Selasa, 31 Agustus 2010

Tiga Ruang Kelas SDN Lemahputih 2 Rusak Berat

MAJALENGKA (Majalah Komunitas) - Tiga ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Lemahputih 2, di Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, mengalami kerusakan yang parah. Bahkan, kondisi bangunannya nyaris ambruk.

Berdasarkan pemantauan, KOMUNITAS ruang kelas yang nyaris ambruk pada bagian langit-langit tersebut, saat ini dipergunakan sebagai ruangan guru dan kepala sekolah serta ruang belajar murid kelas IV. Sementara satu ruangan lagi dibiarkan kosong, karena tingkat kerusakannya lebih parah dibandingkan dua ruangan lainnya.

Kerusakan tersebut di antaranya terjadi pada bagian kusen jendela, yang hampir keseluruhannya telah dimakan rayap. Selain itu, langit-langit yang terbuat dari bilik bambu sebagian sudah terlepas dan pihak sekolah berusaha mengikatnya ke kaso-kaso dari baja ringan.

"Langit-langitnya rusak juga kusennya. Kalau atapnya kemarin diperbaiki dari dana alokasi khusus (DAK), karena ada instruksi bagi sekolah yang mendapatkan bantuan DAK harus bisa menambah perbaikan atap baja ringan dua lokal. Sementara tembok dan kusen demikian juga dengan langit-langit belum kami perbaiki, karena anggarannya kuran,’ ujar Kepala Sekolah SDN Lemahputih 2, Hambali.

Akibat kekurangan ruang kelas, ujar Hambali, untuk belajar kelas satu dan dua dilakukan secara bergantian.

Mengenai soal jumlah guru, Hambali mengatakan, di sekolahnya hanya ada empat guru pegawai negeri sipil (PNS), termasuk kepala sekolah. Padahal, idealnya guru SDN lebih dari enam. "Selama ini untuk menutupi kekurangan guru, kami dibantu oleh empat tenaga sukarelawan," kata Hambali.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Majalengka H. Zen A . Sastramihardja, saat melakukan monitoring ke sejumlah sekolah di Kecamatan Lemahsugih, berharap agar perbaikan sekolah yang skalanya kecil bisa diperbaiki pihak sekolah. Dengan demikian, sekolah tidak perlu menunggu anggaran dari pemerintah sehingga kondisi sekolah akan tetap terjaga dengan baik. (ping/De)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar