Cari Blog Ini

LAPORAN UTAMA, PENDIDIKAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN, DAERAH

Kamis, 14 Juli 2011

2.135 Siswa Bengkulu Terima Subsidi Pendidikan


Pensi SDN Jatibening XI. Foto: Prawoto
Bengkulu (MAJALAH KOMUNITAS) - Sebanyak 2.135 orang siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menerima subsidi pendidikan.

"Pemerintah mengalokasikan dana untuk membebaskan biaya pendidikan siswa tingkat SMK/SMK yang kurang mampu ini agar dapat membantu kelancaran pendidikan mereka ," ujar Kepala Bidang Perencanaan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Gianto, Kamis.

Ia menyebutkan, dari 2.135 siswa tersebut masing-masing sebanyak 1.059 orang merupakan siswa SMA dan 1.076 orang siswa SMK Kota Bengkulu.

Jumlah sebanyak itu merupakan data yang diperoleh dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) dan Dinas Sosial Kota Bengkulu.

"Setelah ada data base dari BPMKB dan Dinsos tersebut, siswa yang berhak menerima subsidi pendidikan ditetapkan berdasarkan hasil seleksi pihak sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Bengkulu cukup kesulitan mencari siswa yang benar-benar berhak menerima subsidi pendidikan tersebut karena data yang diterima sekolah berasal dari BPMKB.

"Pihak sekolah cukup kesulitan harus mencari siswa yang berhak mendapat subsidi berdasarkan data yang diterima dari BPMKB tersebut apakah siswa memang benar bersekolah disini namun mereka tetap berupaya semaksimal mungkin agar siswa kurang mampu dapat memperoleh bantuan tersebut," ujarnya.

Jadi, bila siswa yang berhak menerima subsidi pendidikan merupakan anak yang terdaftar dan belajar di sekolah negeri dan swasta maka sekolah berhak menerima bantuan tersebut.

Para penerima bantuan tersebut berdasarkan Peraturan Wali Kota Bengkulu Nomor 4 tahun 2011 sebesar Rp100.000 per bulan bagi siswa SMA dan Rp125.000 per bulan bagi siswa SMK yang digunakan untuk biaya sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) rutin bulanan dan lainnya.

"Siswa SMK banyak melakukan praktik sehingga dana yang diberikan pun lebih besar dari siswa SMA," ujarnya.

Subsidi tersebut untuk mempercepat pencapaian sasaran program Pemerintah Kota Bengkulu dalam rangka penyelenggaraan pendidikan gratis bagi siswa kurang mampu. ***
Sumber : Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar