Cari Blog Ini

Memuat...

LAPORAN UTAMA, PENDIDIKAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN, DAERAH

Senin, 18 Juli 2011

Usul Formula Baru Sistem Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru

Ass. Selamat berjumpa lagi Majalah Komunitas udah lama nggak di sapa neh, maklum lah kami di daerah sangat sulit untuk Online sinyal sering mandex, baiklah saya langsung saja ke pokok permasalahan, Sayakan sudah sertifikasi 2008 tanpa mengurangi rasa syukur dan terima kasih ke pemerintah saya udah 3 kali menerima tunjangan ini.

Pertama di akhir tahun 2009 di bayar lunas 12 bulan , ke dua bulanJjuli 2010 di bayar 5 bulan  ke tiga di bayar bulan Desember 2010 di bayar 6 bulan masih sisa 1 bulan untuk tahun 2010.

Pertanyaan saya dan rekan-rekan saya di daerah Kab Merangin Propinsi Jambi ini akankah di bayar sisa yang 1 bulan thn 2010 tersebut.

Kedua setahu saya dana untuk sertifikasi inikan dari pusat terus di transfer ke daerah propinsi dan Kab/kota masing-masing, nanti baru di teruskan ke rekening masing-masing Guru yang menerima tunjangan sertifikasi tersebut, permasalahanya Setelah Dana Tersebut sampai ke kas Daerah Sering Kali terjadi Permasalahan yang datanya kurang yang namanya salah dan segala macamnya.

Contohnya saja pada tahun ini kami belum menerima tunjangan tersebut saat di tanya ke diknas Kab. Merangin mereka menjawab surat pencairan sudah ada dananya yang belum ada, padahal setahu saya yang awam tentang anggaran ini  pemerintah pusat selalu tepat waktu apa lagi ini udah bulan Juli tahun ajaran baru sudah berjalan para guru sangat mengharapkan sekali sebenarnya dana ini cair sebelum ajaran baru berjalan,

Informasi tentang kapan sertifikasi ini cair sangat sulit di peroleh baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah,  Terpaksa dengan jalan manual mencari informasi tanya kab tetangga atau propinsi lain dan jawabanya beraneka ragam ada yang mengatakan sudah di bayar cuman 3 bulan di Kab Tebo Muaro Bungo Prov. Jambi, di Kota Jambi sudah juga di bayar 6 bulan satu propinsi saja pencairannya bisa beraneka ragam apa lagi lain provinsi di Sumbar belum sama sekali malah katanya tahun 2010 pun ada yg belum cair,

Jujur saja saya jadi bingung sendiri Logika saya mengatakan Pemerintah Pusat khususnya Instansi yang terkait dengan Tunjangan Sertifikasi ini Belum Menemukan Formula untuk sistem yang ektif dn efesian dalam menyalurkan Dana Tunjangan Sertifikasi ini.

Mengapa Tidak Mencontoh Cara pencairan Remunirasi Polri atau TNI saja yang menurut saya lebih efektif dan efesien, Bentuklah Tim Khusus di pusat untuk mengevaluasi kinerja guru yang telah menerima sertifikasi. Buatkan Indikator yang jelas Syarat untuk Guru agar tunjangan sertifikasinya bisa di cairkan kalau memang masyarakat dan para pakar ahli pendidikan meragukan Guru yang telah Sertifikasi ini kalau memang tidak layak sesuai indikator kenapa harus di cairkan?

Tolong permudah Informasi untuk para Guru tentang pencairan dana sertifikasi ini. Nanti Tujuan dari semua ini adalah Guru yang sertifikasi betul-betul Profesional sesuai amanat Undang-undang tanpa harus memikirkan cair tidaknya tunjangan sertifikasi bulan ini dan segala macamnya konsentrasi Guru betul-betul bagaimana berkreasi dan berinovasi untuk pembelajaran dan anak didiknya tanpa harus memikirkan hal-hal yang tidak perlu,

Seperti harus pergi ke diknas kab dulu untuk bertanya dan menyiapkan bahan lagi agar dana tersebut cair dalam tahun ini saja saya pribadi sudah 3 kali menyusun bahan yang sama yang harus di antar diknas Kab Merangin.

Nah di sini lucu lagi, Rekan saya yang sama mengajar sekarang udah pensiun muda karena sakit dan satu lagi udah pindah ke KPU tidak pernah ngumpulkan bahan tapi namanya keluar terus di SK Dirjen yang di keluarkan pusat.

Pertanyaan saya apa nggak ada koordinasi antara diknas Kab/Kota dengan Dirjen yang di pusat sana?

Saya tidak mencari kesalahan di sini tapi hanya memberi usulan tolong carikan formula yang pas untuk sistem pencairan dana tunjangan sertifikasi guru ini dan permudah akses informasi tentang pencairan dana sertifikasi ini jangan lagi lah kita dengar harus demo dulu baru di cairkan jangan di habiskan waktu hanya untuk mengurus hal-hal yang sebenarnya bisa di selesaikan dengan baik.

Apabila sistemnya pas dan informasinya terbuka percayalah Bravo Pendidikan Indonesia !!!!!! Maju terus untuk kemajuan kita cari solusi bila ada permasalahan. Wasalam    

pengirim : hajrul.aswadi@yahoo.co.id
dari : Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar