Cari Blog Ini

LAPORAN UTAMA, PENDIDIKAN, KESEHATAN, LINGKUNGAN, DAERAH

Kamis, 24 November 2011

TINGKATKAN KOMPETENSI GURU DAN KEBERSAMAAN DENGAN MASYARAKAT


Peringatan Hari Guru Nasional :
LOMBA RPP dalam rangka HUT PGRI ke-66 di Garut
Banyuresmi (Garut) - Merayakan hari guru nasional dan HUT PGRI Ke-66 Tahun 2011, PGRI Ranting V Kecamatan Banyuresmi menyelenggarakan Lomba Penulisan Program Pembelajaran (RPP Berkarakter) yang diikuti oleh guru kelas V SD se kecamatan Banyuresmi dengan mata pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika. Lomba dilaksanakan di SDN Sukaratu II Kecamatan Banyuresmi pada hari rabu (23/11-2011).


Ketua PGRI Ranting V Kecamatan Banyuresmi Kab. Garut, Sana, S.Pd.I mengatakan bahwa lomba tersebut diselenggarakan sebagai upaya PGRI Ranting V dalam memberdayakan kompetensi profesional guru dilingkungan Kecamatan Banyuresmi.

“Sebagai organisasi perjuangan para guru dan tenaga kependidikan lainnya, maka PGRI berdasarkan AD/ART nya memiliki misi suci untuk menjaga harkat dan martabat guru melalui peningkatan kompetensi profesional dan kesejahteraan guru beserta keluarganya. Berangkat dari misi tersebut, maka PGRI memiliki tugas pokok untuk melakukan pemberdayaan terhadap guru pada dua aspek yaitu memberdayakan kompetensi profesionalnya dan memberdayakan kesejahterannya”, ujar Sana.

“Dengan demikian, maka menjadi sebuah keniscayaan bagi PGRI untuk melaksanakan misinya agar PGRI menjadi organisasi yang kuat dan bermartabat sesuai tema peringatan hari guru tahun ini”, tegas Sana.
Donor darah pengurus PGRI
Sana juga mengatakan bahwa kegiatan Lomba Penulisan Program Pembelajaran diikuti oleh sekitar 55 Guru se Kecamatan Banyuresmi. Peserta lomba tidak dipungut biaya pendaftaran dan pemenang juara 1 sampai 5 akan mendapatkan penghargaan berupa trophi, sertifikart dan uang pembinaan profesi senilai total dua juta rupiah.

Sementara itu, dalam rangka mempererat kebersamaan dunia pendidikan dengan instansi pemerintah dan masyarakat, PGRI Ranting V Kecamatan Banyuresmi juga menyelenggarakan Turnamen Badminton. Turnamen diselenggarakan di GOR Desa Sukaraja Kecamatan Banyuresmi selama 3 hari pada hari Senin sampai Rabu (21-23/11-2011). Turnament diikuti oleh PGRI Ranting, Pemerintahan Desa, Muspika, KNPI dan Karang Taruna se Kecamatan Banyuresmi.

Senada dengan lomba penulisan program pembelajaran, peserta turnamen badminton juga tidak dipungut biaya. Turnamen dimenangkan oleh PGRI Ranting V sebagai juara I, Pemerintah Desa Bagendit sebagai juara II, PGRI Cabang Kecamatan Banyuresmi sebagai juara III dan Karang Taruna Sukakarya sebagai juara IV. Masing-masing pemenang mendapatkan penghargaan berupa trophi, sertifikart dan uang pembinaan profesi senilai total dua juta rupiah.

Selain itu, PGRI Ranting V juga menyelenggarakan jalan santai Guru beserta masyarakat yang diikuti oleh sekitar 500 peserta pada hari Sabtu (26/11-2011). Jalan santai guru bersama masyarakat memperebutkan sebanyak 66 hadiah, yaitu Televisi, Semprotan Pupuk, Dispenser, Payung, Jam Dinding, Kaos, Minyak Goreng dan berbagai doorprice dari perusahaan partisipan. Sebelumnya, pada hari Jum’at (18/11-2011) PGRI Ranting V telah menyelenggarakan donor darah yang menghasilkan sekitar 80 labu darah. 
Lomba badminton antar guru
Sana berharap dengan berbagai kegiatan tersebut, peringatan hari guru nasional dan HUT PGRI tidak hanya sekedar hajat para guru dan tenaga kependidikan, tetapi juga hajat bersama masyarakat dan instansi pemerintah setempat. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membanguin kebersamaan untuk memajukan pendidikan, khususnya di Kecamatan Banyuresmi. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar